Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI ( Teams Assis ted Individualization) dan model ekspositori dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis : penelitrian eksperimen pada siswa kelas VI SDN Bendungan Hilir, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pasar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN MODEL EKSPOSITORI DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS
EDY PURNOMO
ABSTRAK
Pendidikan Dasar Pacasarjana Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, email: edy888123@gmail.com
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TAI (Teams Assisted Individualization) dan model ekspositori dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan koneksi matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Bendungan Hilir 09 Pagi dan SDN Bendungan Hilir 01 Pagi, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada kelas VI semester satu tahun pelajaran 2018/2019 menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalan dengan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan koneksi matematika siswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Assisted Individualization) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan koneksi matematika, (3) kemampuan koneksi matematika siswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih tinggi dari pada siswa yang yang diperlakukan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori bagi siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, (4) kemampuan koneksi matematis siswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih rendah daripada siswa yang diperlakukan menggunakan model pembelajaran ekspositori bagi siswa yang memiliki kemampuan awal matematis rendah. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe (Team Assisted Individualization) dengan pendekatan open-ended berimplikasi terhadap tugas guru yaitu: memberikan kesempatan siswa belajar secara individu dan kelompok, membiasakan belajar secara aktif dan berkolaborasi dengan teman sebaya, memberikan wawasan terhadap pengelolaan pembelajaran pada kelompok yang heterogen, memberikan contoh pembuatan soal-soal open-ended.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Model Kooperatif Tipe (Team Assisted Individualization), Model Ekspositori, Pendekatan Open-ended, Kemampuan Awal Matematis, Kemampuan Koneksi Matematika.
Bibliografi : hlm. 160-171
TM00006050 | TM 6050 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain