Text
Pengembangan bahan pembelajaran materi alam berbasis mobile learning untuk kelas II sekolah dasar
PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MATERI ALAM
SEKITAR BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK KELAS II SEKOLAH
DASAR
HADI HARDIANSYAH
Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta
hadiwatson@gmail.com
Abstrak : Pendidikan dan teknologi harus berjalan bersama di abad milenium ini. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis mobile learning untuk pembelajaran
tematik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan
dengan model Dick and Carey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis mobile
learning. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test, menunjukkan bahwa ada perbedaan
hasil belajar antara tahap pre-test dan post-test. Hasil uji-t menunjukkan bahwa t hitung = 12.10
dan t tabel = 1.99 pada tingkat signifikansi α = 0,05 / 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa ada peningkatan hasil belajar yang dialami oleh siswa, setelah berpartisipasi dalam
pembelajaran tematik dengan bahan ajar berbasis mobile learning.
Kata kunci : bahan ajar, mobile learning, alam sekitar.
Bibliografi : hlm. 124-129
TM00006058 | TM 6058 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain