Text
Peningkatan kemampuan konsep matematika awal melalui media papan semat : penelitian tindakan di kelompok A PAUD Permata Ibu Ceria Jakarta Timur
PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP MATEMATIKA AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA PAPAN SEMAT
(Penelitian Tindakan di PAUD Permata Ibu Ceria Tahun Ajaran 2018/2019)
AZIZAH LAILY
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsep matematika awal pada aspek bilangan dan geometrianak usia 4-5 tahun melalui media papan semat. Rendahnya kemampuan matematika pada jenjang sekolah dasar disebabkan penguasaan konsep yang lemah pada masa usia dini. Papan semat adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan dengan cara disematkan.. Penelitian tindakan ini menggunakan prosedur kerja yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggard berupa siklus spiral yaitutahap-tahap (1) perencanaan, (2) tindakan dan observasi (3) Refleksi dan diadakan revisi perencanaan pada siklus ulang jika masih diperlukan untuk perbaikan.Teknik analisis data adalah analisis data kualitatifdankuantitatif.Guru kelas sebagai kolaborator bersama peneliti melakukan kegiatan bersama dari awal hingga akhir.Hasil penelitian tidakdapat mengeneralisasi pada setiap permasalahan.Hasil Penelitian ini dapat menyumbangkan pemikiran untuk membantu menjawab permasalahan. Dari penelitian yang dilakukan ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan matematika awal pada anak usia 4-5 tahun . yaitu ada peningkatan dari pra siklusyang hanya mencapai 26,67 meningkat menjadi 48,53 persen dan meningkat lagi pada siklus IImencapai 72,53 % hingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan papan semat dapat memberikan solusi untuk meningkatkan kemampuan konsep matemtika awal anak usia 4-5 di PAUD Permata Ibu Ceria
Kata kunci : Anak usia dini, Kemampuan matematika awal: papan permainan
Bibliografi : hlm. 137-141
TM00006117 | TM 6117 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain