Text
Peningkatan kecerdasan naturalis melalui cerita fiksi sains (science fiction) : penelitian tindakan di Kelompok B1 RA Asy-Syafi' Kota Tangerang tahun ajaran 2018-1019
PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS
MELALUI CERITA FIKSI SAINS (SCIENCE FICTION)
(Penelitian Tindakan di Kelompok B1 RA Asy-Syafi` Kota Tangerang
Tahun Ajaran 2018-2019)
Murtafiah, Zarina Akbar dan Karnadi
Pascasarjana PAUD Universitas Negeri Jakarta
murtafiah59@yahoo.co.id
zarina_akbar@unj.ac.id
karnadi@unj.ac.id
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil upaya peningkatan kecerdasan naturalis melalui cerita fiksi sains di kelompok B1 RA Asy-Syafi` Kota Tangerang tahun ajaran 2018-2019. Subyek dari penelitian ini adalah 12 siswa. Metode penelitian ini didasarkan pada model penelitian tindakan Kemmis and Mc Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dn setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan naturalis anak kelompok B1 RA Asy-Syafi` Kota Tangerang tahun ajaran 2018-2019 melalui cerita fiksi sains. Nilai rata-rata tingkat capaian perkembangan pada pra siklus sebesar 42,50%, meningkat pada siklus I menjadi 68,50% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,33%. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kecerdasan naturalis dapat ditingkatkan melalui cerita fiksi sains.
Kata kunci: Kecerdasan naturalis, Cerita fiksi sains, Penelitian tindakan
Bibliografi : hlm. 191-195
TM00006116 | TM 6116 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain