Text
Evaluasi program pendidikan dan pengembangan spesialisasi di sekolah staff dan pimpinan pertama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SPESIALISASI
DI SEKOLAH STAF DAN PIMPINAN PERTAMA
LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
Hartini
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara komprehensif pelaksanaan dan capaian tujuan pendidikan program pendidikan pengembangan spesialisasi tahun anggaran 2018 di Sekolah Pimpinan Tingkat Pertama Polri. Penelitian ini dilakukan pada hasil peserta didik Pendidikan dan Pengembangan Spesialisasi (yang selanjutnya kita sebut Dikbangspes) yang beralamat di Jl. Ciputat Raya no.40 Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Dimulai pada bulan Januari sampai Juli 2018. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan yang digunakan adalah evaluasi, dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) yang dikembangkan oleh Daniel Leroy Stufflebeam. Temuan penelitin adalah prioritas dan tujuan program yang ditetapkan telah dimbangi dengan kebutuhan sumber daya manusia Polri, dan program pendidikan yang diharapkan cukup responsif terhadap rencana kebutuhan yang telah dinilai yaitu kuantitas (jumlah personel Polri) dan kualitas (tuntutan profesionalisme) sebagai tantangan bagi sumber daya manusia Polri. Proses pelaksanaan dikbangspes di Sespimma Polri dari tahap I hingga tahap III sesuai dengan rencana kegiatan dan pelaksanaan yang telah ditetapkan. Hasil penilaian pada aspek akademik terhadap semua mata pelajaran yang dilakukan oleh Sespimma Polri kepada peserta didiknya, semuanya mendapatkan nilai diatas batas minimal lulus sehingga dinyatakan lulus
Kata kunci : evaluasi program, pendidikan pengembangan spesialisasi Polri
Bibliografi : hlm. 79-80
TM00006045 | TM 6045 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain