Text
Pesan teks dan gambar dalam foto jurnalistik : kajian semiotik pada foto National Geographic
PESAN TEKS DAN GAMBAR PADA
FOTO JURNALISTIK NATIONAL GEOGRAPHIC
(Kajian semiotik)
Febriana Friza
Universitas Negeri Jakarta, Pascasarjana
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220
friza.art@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana suatu foto jurnalistik dapat diketahui pesan
teks dan gambar baik dilihat dari makna yang sebenarnya (denotatif) dan makna yang
tersirat (konotatif). Dalam hal ini foto diambil dari media digital yaitu website National
Geographic Internasional sebagai objeknya dengan caption berbahasa inggris.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif interpretative dengan menggunakan foto
National Geographic. Agar dapat mengetahui pesan yang terkandung dalam foto-foto
jurnalistik National Geographic, penulis menggunakan analisis semiotik Roland
Barthes yaitu dengan melihat prosedur pembacaan foto secara konotatif dan denotative.
Pembacaan foto secara konotatif dilihat dengan enam prosedur yaitu trick effect, pose,
objek, fotogenia, estetisme dan sintaksis, sedangkan pesan denotative dapat dilihat
secara tersirat penanda dan petandanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
kesesuaian pada pesan teks dan gambar dalam foto jurnalistik National Geographic
dengan kajian semiotic.
Kata Kunci: Pesan teks, pesan gambar, analisis semiotik, dan foto jurnalistik
Bibliografi : hlm. 119-123
TM00006107 | TM 6107 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain