Text
Pengaruh frekuensi belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh frekuensi belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sosiologi pada kelas XI jurusan IPS SMAN 45 Jakarta. Pada penelitian ini variable independen (bebas) adalah frekuensi belajar dan motivasi belajar siswa, yaitu durasi siswa belajar sosiologi, tingkat kesukaan siswa pada sosiologi, lingkungan belajar siswa, serta pengaruh dukungan dari orang tua, guru, dan teman siswa. Variable dependen (terikat) dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, yaitu nilai raport atau nilai akhir. Penelitian menggunakan pendekatan kuantiatif dengan metode survey. Variable pada penelitian ini yaitu, hasil belajar sosiologi ( Variabel Y), frekuensi belajar (X1) dan motivasi belajar (X2). Pengumpulan data, analisis, dan penelitian skripsi dimulai pada bulan November 2020 sampai Januari 2022. Teknik sampling yang digunakan ialah probability dengan jenis random sampling. Sample penelitian ini terdiri dari 61 siswa kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta dari populasi siswa Kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta tahun ajaran 2021/2022. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form yang terdiri dari 35 butir item pernyataan dan untuk variable y melihat nilai rapot yang diperoleh dari sekolah SMAN 45 Jakarta. Pengolahan data menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS versi 23. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dan bertumpu pada analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian, ditemukan persamaan regresi linear berganda yaitu 137.665+0.596+0.172. Hasil penelitian bahwa pertama, frekuensi belajar memengaruhi hasil belajar sebesar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 sebesar 89.82%. Kedua, motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 sebesar 70.72%. Ketiga, frekuensi belajar dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta sebesar 60.83% secara simultan. Dapat disimpulkan variabel frekuensi belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sosiologi kelas XI IPS SMAN 45 Jakarta sebesar 67.7%, sedangkan sisanya sebesar 32,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil belajar ditentukan oleh durasi waktu belajar yang tinggi dan juga motivasi dari dalam diri siswa
SS00032651 | SK 32651 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2022.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain