Text
Gambaran kecenderungan nomophobia pada remaja pemain roleplay-pop di media sosial twitter
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat gambaran kecenderungan nomophobia pada remaja pemain roleplay K-pop di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mendapatkan sampel. Alat ukur nomophobia questionnaire (NMP-Q) digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kecenderungan nomophobia remaja pemain roleplay K-pop di media sosial Twitter. Subjek pada penelitian ini ada sebanyak 318 responden yang berdomisili di Jabodetabek dan Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remaja pemain roleplay K-pop di media sosial Twitter cenderung berada dalam kategori kecenderungan nomophobia berat dengan 170 responden dengan persentase sebesar 53,5%. Terdapat perbedaan yang signifikan skor nomophobia bedasarkan data demografi jenis kelamin dan durasi bermain roleplay. ***** This study was conducted with the aim of looking at the overview of nomophobia tendency in adolescent K-pop roleplayers on social media Twitter. This study used a quantitative descriptive approach by using a purposive sampling method in order to obtain samples. Furthermore, the nomophobia questionnaire scale (NMP-Q) was used in this study in order to measure the nomophobia tendency level of adolescent K-pop roleplayers on social media Twitter. Moreover, the subjects in this study were 318 respondents who lived in Jabodetabek and East Java. The result of this study shows that adolescent K-pop roleplayers on social media Twitter tend to be in the category of severe nomophobia tendency with 170 respondents with a percentage of 53.5%. In addition, there is a significant difference in nomophobia tendency scores based on gender demographic data and the duration of roleplaying.
SS00032371 | SK 32371 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2022.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain