Text
Kreativitas gerak dalam kegiatan eksplorasi gerak tari dengan model pembelajaran sinektik
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kreativitas eksplorasi gerak peserta didik dalam pembelajaran tari, hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu guru masih menggunakan metode atau model yang konvensional serta guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan kegiatan pembelajaran terasa pasif dan membosankan, juga menyebabkan kurangnya kreativitas pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran sinektik dalam meningkatkan kreativitas gerak dalam kegiatan eksplorasi gerak tari peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan April hingga bulan Juli 2021 menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakan (literature review). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan menelaah dan mengeksplorasi data sekunder berupa buku, e-book, jurnal maupun dokumen- dokumen serta sumber data atau informasi yang relevan dengan topik kreativitas tari, eksplorasi gerak tari, dan model sinektik baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari beberapa jurnal dan karya ilmiah skripsi yang relevan maka didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas adalah model sinektik. Menerapkan model pembelajaran sinektik dalam pembelajaran tari peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif dalam gerak, juga berekspresi serta lebih kreatif dalam menganalogikan objek. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sinektik dapat meningkatkan kreativitas eksplorasi gerak tari peserta didik
SS00028826 | SK 28826 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain