Text
Pengembangan e-mentoring kompetensi pedagogik guru dalam menyelenggarakan blended learning di satuan pendidikan kerja sama BPK Penabur
Proses pembelajaran blended dapat terlaksana secara efektif dan efisien serta mencapai hasil yang diharapkan apabila guru yang menerapkannya memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Salah satu aspek pedagogik yang dimaksud adalah kompetensi guru menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, Penelitian ini bertujuan menghasilkan program e-mentoring yang diharapkan layak digunakan pada upaya pengembangan kompetensi pedagogik guru khususnya terkait pelaksanaan kegiatan pembelajaran blended. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research & Development. Langkah-langkah yang diterapkan peneliti, mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan yang diperkenalkan oleh Dick & Carey. Pada tahap ke enam, saat mengembangkan strategi instruksional peneliti mengintegrasikan dan memodifikasi sebuah model e-mentoring yaitu DARP (Discuss, Archive, Refleft, Prepare) yang digagas oleh Tisdell dan Shekhawat (2019). Model ini menentukan bagaimana sintak atau alur aktifitas mentoring dijalankan. Desain oleh peneliti menjadikan Prepare sebagai langkah di awal siklus. Berdasarkan hasil evaluasi formatif oleh ahli desain, ahli media, ahli materi dan pengguna, maka diperoleh informasi bahwa produk e-mentoring yang dikembangkan akhirnya dinyatakan layak untuk dipergunakan. Sementara itu setelah dilaksanakan uji lapangan, dilaksanakan penilaian efektifitas e-mentoring secara terbatas melalui observasi dan diperoleh hasil yang mendeskripsikan bahwasanya e-mentoring yang diterapkan cukup efektif mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam menyelenggarakan blended learning. Meskipun hasil pengembangan e-mentoring telah dianggap layak dan cukup efektif, namun masih terdapat beberapa keterbatasan selama penelitian berlangsung, dan kelemahan teknis saat pelaksanaan uji coba. Dengan demikian peneliti merekomendasikan adanya penelitian lanjutan untuk memeriksa efektifitas e-mentoring secara lebih seksama, terbuka peluang untuk mengembangkan dan menerapkan desain e-mentoring dengan konteks, teknologi, atau tujuan yang berbeda.
TM00007096 | TM 7096 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2022.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain