Text
Pembelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di SMAN 73 Jakarta
Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagimana guru membuat perencanaan, melakukan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sejarah secara daring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 73 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Case Study/ studi kasus. Instrumen penelitian adalah non partisipan, sebagai alat pengumpul data. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi dokumen. Teknik analisis data merujuk pada teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi, untuk selanjutnya di deskripsikan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi dokumen. Hasil penelitian di SMA Negeri 73 Jakarta mengenai proses pembelajaran jarak jauh berjalan dengan baik, diawali dengan perencanaan pembelajaran sejarah guru merancang RPP darurat yang disesuaikan oleh pemerintah, guru melakukan proses pelaksanaan pemebelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran online menggunakan WhatsApp group, Google Classroom, Google Meet dan Zoom Meeting. Proses akhir pembelajaran guru melakukan evaluasi penilaian baik secara lisan maupun tulisan. Hasil penelitian mengenai pembelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di SMAN 73 Jakarta, memiliki persiapan cukup matang dalam menghadapi situasi darurat covid-19. Artinya kesesuaian kurikulum masa pandemi, penggunaan metode dan media pembelajaran masa pandemi, proses pembelajaran saat ini evaluasi, dan pengawasan pembelajaran sudah dilakukan oleh kepala sekolah dan para guru. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Pandemi, Covid-19
TM00007100 | TM 7100 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2022.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain