Text
Perancangan antarmuka aplikasi Online Food Delivery dan Pick-Up untuk lingkungan Kampus A Universitas Negeri Jakarta berbasis user experience menggunakan metode Lean UX
ABSTRAK
Muhammad Adiyatma Andhika Suryana, Perancangan Antarmuka Aplikasi
Online Food Delivery Dan Pick-Up Untuk Lingkungan Kampus A Universitas
Negeri Jakarta Berbasis User Experience Menggunakan Metode Lean UX. Dosen
Pembimbing: Lipur Sugiyanta, S.T., M. Kom. Ph.D., Irma Permata Sari,
S.Pd.,M.Eng. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.
Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta. 2022.
Berkembangnya fungsi dan manfaat yang diberikan oleh online food delivery dan
pick-up serta melihat potensi kedua layanan ini untuk mengatasi permasalahan yang
terjadi di kantin di lingkungan Kampus A Universitas Negeri Jakarta (UNJ), maka
dilakukan penelitian untuk mendapatkan rancangan antarmuka berbasis user
experience untuk pembeli, yaitu mahasiswa dari Kampus A UNJ dengan
menggunakan metode Lean UX. Tujuannya adalah untuk mengakomodir
kebutuhan, kebiasaan, dan mencoba memecahkan masalah pembeli dalam waktu
yang cepat dan dengan biaya yang sedikit. Penelitian ini menghasilkan 1 iterasi,
mulai dari tahap outcomes, hypotheses, assumptions hingga research and learning
dengan bantuan platform pengujian Maze yang diberikan kepada 10 orang
menggunakan metode think aloud dan penggunaan system usability testing. Hasil
pengujian menunjukkan penilaian yang dominan positif, mulai dari feedback
pengguna yang positif, tingkat efisiensi di atas 90%, dan tingkat kepuasan yang
berada dalam kategori excellent, meskipun masih terdapat kekurangan dalam hal
efisiensi karena terdapat alur dan tata letak yang tidak sesuai dengan ekspektasi
pengguna yang menyebabkan durasi rata-rata yang terlalu lama dan misclick rate
yang terlalu tinggi.
Kata kunci: online food delivery, pick up, user experience, antarmuka, Lean UX
Bibliografi : lembar 91-94
SS00033463 | SS 33463 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain