Text
Hubungan antara stres akademik dengan performa akademik pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hamid
ABSTRAK
Kirana Artha Khafifah. Pembimbing: Dr. Uswatun Hasanah, M.Si dan Vania
Zulfa, M.Pd. 2022. Hubungan Antara Stres Akademik dengan Performa Akademik
pada Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hamid. Pendidikan
Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik
dengan performa akademik pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren AlHamid. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 155 santri.
Pengambilan data menggunakan instrumen Educational Stress Scale (Sun et al.,
2011). Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson Product Moment
dan menghasilkan nilai r sebesar 0,189. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat
dilihat bahwa santri yang mengalami stres justru akan semakin termotivasi untuk
belajar lebih giat. Semakin tinggi stres atau tekanan yang santri rasakan selama
proses pembelajaran maka santri akan semakin terpacu untuk lebih rajin dalam
belajar dan lebih baik dalam pengerjaan tugas tugas yang diberikan oleh guru. Hal
ini tentu saja akan membuat nilai akademik santri menjadi lebih baik. Stres yang
santri alami merupakan stres positif atau eustress. Stres positif membuat santri tidak
menyerah dengan tekanan yang ia alami namun sebaliknya, stres positif akan
membawa rasa semangat dan keinginan untuk berjuang menghadapi tekanan
tekanan akademik
Kata kunci: madrasah aliyah, performa akademik, stres akademik
Bibliografi : lembar 80-88
SS00033495 | SS 33495 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain