Text
Pengaruh variasi sudut windscreen terhadap tahanan aerodinamis mobil dengan standar ergonomis SAE J1100
ABSTRAK
Kendaraan yang bergerak dengan kecepatan tertentu akan mengalami
hambatan aerodinamika yang dipengaruhi oleh faktor bentuk dan aliran udara yang
bersentuhan secara langsung, profil bagian depan kendaraan merupakan salah satu
faktor yang mempengaruhi hambatan aerodinamika yang terjadi karena aliran udara
yang bergerak secara teratur akan terpecah ketika bersentuhan dengan bodi
kendaraan yang menyebabkan terjadinya penurunan tekanan pada bagian belakang
kendaraan dan terjadi separasi aliran udara. Pengembangan desain kendaraan
merupakan salah satu upaya mengurangi besarnya hambatan aerodinamika
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya aerodinamika yang terjadi pada
lima model kendaraan yang telah dirancang dengan standar ergonomis J1100 yang
mana tiap model kendaraan di variasi kan dengan sudut kemiringan Windscreen
sebesar 30,35, dan 40 dan akan di uji CFD dengan software solidworks, kecepatan
aliran udara diset pada kecepatan 22.222 m/s, 25 m/s dan 27.7778 m/s. Hasil
penelitian menunjukkan koefisien hambat terkecil terjadi pada model D dengan
variasi sudut 35 derajat dengan nilai 0,301
Kata Kunci: aerodinamika, cfd, koefisien hambat, koefisien angkat
Bibliografi : lembar 53-54
SS00033448 | SS 33448 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain