Text
Unmoderated remote usability testing penggunaan E-Labs sebagai ruang belajar bagi siwa SMA Labschool Kebayoran di masa pandemi Covid 19
ABSTRAK
Andhika Putra Saefudin, Unmoderated Remote Usability Testing Penggunaan E-Labs Sebagai
Ruang Belajar Bagi Siswa Sma Labschool Kebayoran Di Masa Pandemi Covid-19. Program Studi
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2023.
Dosen Pembimbing Z.E. Ferdi Fauzan Putra, S.Pd,M.Pd.T (Dosen Pembimbing I), Fuad Mumtas,
S.Kom.,M.TI (Dosen Pembimbing II)
Proses pembelajaran tatap muka terganggu setelah munculnya wabah Covid-19, sistem
pembelajaran pun mulai mencari cara untuk terus berlangsungnya proses kegiatan belajar
mengajar. Ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang sangat menggangu proses pembelajaran,
kehadiran e-learning diharapkan dapat menutupi kekurangan yang terjadi pada pembelajaran tatap
muka di kelas. SMA Labschool Kebayoran merupakan salah satu sekolah yang menerapkan
pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi covid-19. Salah satu metode yang digunakan
selama PJJ adalah menggunakan e-learning bernama E-labs.Akan tetapi selama penggunaan Elabs tidak selalu berjalan lancar, ada beberapa kendala yang dialami baik guru maupun siswa.
Maka dari itu sangat diperlukan evaluasi terhadap E-labs, Metode yang digunakan untuk evaluasi
E-labs adalah metode Usability Testing. Pada penelitian ini menggunakaan metode Usability
Testing, Unmoderated Remote Usability Testing karena penguji dan subjek tidak harus berada
pada kawasan yang sama. Penelitian ini dengan total 167 responden mendapatkan hasil 81%
dengan kualifikasi baik. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa E-labs SMA Labschool
Kebayoran sudah baik bagi para penggunanya sebagai media pembelajaran online.
Kata Kunci : e-learning, Usability Testing, Unmoderated Remote Usability Testing
Bibliografi : lembar 43-44
SS00033546 | SS 33546 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain