Text
Analisis preferensi konsumen dalam pembelian tanaman Monstera Adansonii Kelurahan Pondok Kelapa : survei pada masa pandemi Covid 19 tahun 2020-2022
ABSTRAK
Selain dapat memperindah ruangan, merawat tanaman hias dapat menghasilkan
energi positif serta dapat meningkatkan imunitas pemilik yang melihatnya. Salah
satu tanaman hias yang diminati banyak masyarkat saat ini adalah Monstera
adansonii atau dikenal dangan Janda Bolong. Tanaman ini unik dan mempunyai
daya tarik tersendiri karena mempunyai daun yang memiliki ciri berlubang.
Preferensi konsumen adalah salah satu aspek yang mempengaruhi pertimbangan
pembelian suatu produk serta merupakan pernyataan suka atau tidak suka. Daya
tarik pertama yang dapat mempengaruhi konsumen dapat ditimbulkan dari atribut
yang ditampilkan pada suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui karakteristik responden di Kelurahan Pondok Kelapa dan atribut
(trend, harga, warna, jumlah daun dan ukuran tanaman) yang paling
dipertimbangkan pada preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian
tanaman hias Monstera adansonii di Kelurahan Pondok Kelapa. Setelah peneliti
menyebarkan kuesioner, dilakukan uji analisis multiatribut Fishbein, atribut yang
paling dipertimbangkan oleh konsumen tanaman Monstera adansonii di Kelurahan
Pondok Kelapa berturut-turut adalah trend, warna daun, harga, ukuran tanaman, dan
jumlah daun. Hasil dari penelitian ini dapat membawa implikasi kepada
mahasiswa/i program studi pendidikan tata rias agar dapat digunakan sebagai
pemberdaharaan ilmu pengetahuan, memberikan informasi dan menambah literasi
mengenai preferensi tanaman Monstera adansonii sebagai bagian dari pembelajaran
dasar graha dan pendidikan konsumen.
Kata Kunci: keputusan pembelian, preferensi konsumen, tanaman Monstera
adansonii
Bibliografi : lembar 49-51
SS00033548 | SS 33548 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain