Text
Pengembangan modul elektronik berbasis model pembelajaran self directed learning pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut di SMK Negeri 5 Jakarta
ABSTRAK
Nardi Ardana. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Pembelajaran
Self Directed Learning Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK
Negeri 5 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2023.
Derasnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah membawa
pengaruh di kehidupan serta telah memikul era yang lebih modern tidak terkecuali
dalam bidang pendidikan yang memiliki peran penting dalam menumbuhkan
kualitas sumber daya manusia (SDM). Pada proses pembelajaran tersebut
dibutuhkan seorang pendidik yang mampu mengintegrasikan teknologi informasi
dan komunikasi untuk mendesain suatu media pembelajaran yang memungkinkan
peserta didik dapat secara langsung memanfaatkan sumber belajar yang tersedia
secara mendiri. Namun saat ini, buku teks masih merupakan salah satu media
pembelajaran yang belum tergantikan dalam proses pembelajaran. Buku teks
memiliki beberapa kelemahan yaitu tidak mampu memvisualkan peristiwa secara
dinamis, kurang interaktif, dan tidak mendukung belajar multi sumber. Pendidik
perlu menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran yang mampu
melengkapi kekurangan yang dimiliki buku teks yaitu dengan pengembangan
modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui
kelayakan modul elektronik untuk mata pelajaran teknik pemesinan bubut menurut
ahli materi, ahli media, dan uji coba siswa. Penelitian ini menggunakan metode
research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Hasil uji
kelayakan modul elektronik mendapatkan presentase 86,15% dari validator ahli
materi, 86,15% dari validator ahli media, 87,85% dari hasil uji coba siswa
kelompok kecil, dan 86,8% dari hasil uji coba siswa kelompok besar. Dari hasil
pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik untuk mata
pelajaran teknik pemesinan bubut “Sangat Layak” digunakan untuk kegiatan
pembelajaran.
Kata Kunci: 4D, media pembelajaran, modul elektronik, self directed learning,
teknik pemesinan bubut.
Bibliografi : lembar 60-61
SS00033599 | SS 33599 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain