Text
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis e-learning menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di SMKS Taman Siswa 2 Jakarta
ABSTRAK
Alfin Hardiansyah, Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis elearning menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada mata pelajaran
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMKS Taman Siswa 2 Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis elearning menggunakan aplikasi Articulate storyline yang layak digunakan sebagai
sumber belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
dan mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dinilai oleh ahli materi, ahli
media dan siswa sebagai penggunanya.
Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan desain ADDIE yang terdiri
dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Sebelum media pembelajaran diujicobakan terlebih dahulu melakukan
observasi dan pembagian angket analisiss kebutuhan siswa terhadap mata
pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Kemudian aplikasi yang
dibuat di uji cobakan kepada 33 siswa yang mengambil mata pelajaran
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKR di SMKS Taman
Siswa 2 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi
kepada ahli materi, ahli media, dan kepada siswa untuk menilai kelayakan produk.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada uji coba validasi materi menyatakan media
pembelajaran yang diuji mendapatkan kriteria “Valid” dengan nilai presentase
71,42 %. Selanjutnya pada uji coba validasi media menyatakan media
pembelajaran yang diuji mendapatkan kriteria “Valid” dengan nilai presentase
72,50 %, serta hasil uji coba kepraktisan kepada peserta didik mendapatkan
persentase 98,36 % yang terdapat pada interval “Sangat Praktis”. Berdasarkan
data di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis e-learning
valid dan sangat praktis serta dapat dipergunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Articulate Storyline, Media Interaktif, kelayakan Media Pembelajaran
Bibliografi : lembar 66-67
SS00033598 | SS 33598 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain