Text
Pengembangan e-modul pembelajaran rias wajah geriatri berbasis articulate storyline pada mata kuliah Tata Rias Wajah pada Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Annisa Etika Rani, Skripsi: Pengembangan E-Modul Pembelajaran Rias
Wajah Geriatri Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Kuliah Tata Rias
Wajah Pada Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri
Jakarta, 2023.
Articulate storyline sebagai perangat lunak untuk menggabungkan komponen teks,
video, audio, animasi, dan lainnya menjadi kesatuan media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran tata
rias wajah geriatri pada Program Studi Pendidikan Tata Rias. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan dengan
model Pengembangan ADDIE. Pada pengembangan ADDIE terdapat 5 tahapan,
yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5)
Evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan instrumen kuisioner yang
dibagikan kepada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan 35 mahasiswa yang telah
mendapatkan materi tata rias wajah geriatri untuk mengetahui kelayakan produk.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji coba ahli materi tahap 1=79% dan
tahap 2=91%, uji coba ahli media tahap 1=74.4%dan tahap 2=88.8%, uji coba ahli
bahasa tahap 1=90% dan tahap 2=96%. Penelitian ini juga melakukan uji
praktikalitas pada kelompok kecil dengan hasil 82.5% dan uji coba lapangan
memperoleh hasil 94.3%. Berdasarkan penelitian yang telah diakukan dalam
disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran rias wajah geriatri sudah valid, layak
digunakan, dan praktis sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: E-Modul Pembelajaran, Tata Rias Wajah Geriatri, Articulate
Storyline
Bibliografi : lembar 67-68
SS00033583 | SS 33583 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain