Text
Pengembangan media pembelajaran berbasis video demonstrasi praktikum pada mata kuliah pengukuran listrik di Program Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Muhammad wisnu aji pradana, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Video Demonstrasi Praktikum Pada Matakuliah Pengukuran Listrik Di
Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta.
Dosen Pembimbing: Dr. Soeprijanto, M.Pd dan Massus Subekti, S.Pd., M.T
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis video
demonstrasi yang dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah
pengukuran listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta.
dan mengetahui hasil penerapan media pembelajaran video demonstrasi dalam
mata kuliah pengukuran listik di program studi Pendidikan Teknik Elektro
Universitas Negeri Jakarta berdasarkan penilaian ahli media. Jumlah sampel
dalam penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa dengan pengambilan sampel acak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan
pengembangan dengan model ADDIE.
Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis
varian dua jalur dengan desain 2x2. Hasil penelitian ini yaitu: 1) adanya
perbedaan hasil praktikum pengukuran listrik mahasiswa pendidikan teknik
elektro Universitas Negeri Jakarta yang menggunakan jobsheet praktikum serta
bantuan media pembelajaran yang dikembangan dengan mahasiswa yang
melakukan praktikum hanya berdasarkan jobsheet praktikum yang diberikan.
Dengan hasil analisis variansi pada taraf sigifikansi 0,05 diperoleh nilai Fhitung =
130,206 > Ftabel = 4,20. 2) tidak ada interaksi dari hasil uji teori pemahaman
kompetensi pengetahuan mata kuliah praktikum pengukuran listrik mahasiswa
pendidikan teknik elektro Universitas Negeri Jakarta yang menggunakan jobsheet
praktikum serta bantuan media pembelajaran yang dikembangan dengan
mahasiswa yang melakukan praktikum hanya berdasarkan jobsheet praktikum
yang diberikan.
Adapun hasil penilaian dosen ahli media terkait video demonstrasi
penelitian ini mendapatkan kriteria “baik” dan layak untuk dijadikan media
pendukung dalam pembelajaran praktikum dengan catatan.
Kesimpulan: pengembangan media pembelajaran video demonstrasi pada
penelitian ini berpengaruh positif terhadap praktikum namun tidak pada hasil
interaksi pengetahuan yang memiliki korelasi negatif.
Kata kunci: Video Demonstrasi, Pengukuran Listrik, Pengembangan, Media
Pembelajaran Video, ADDIE
Bibliografi : lembar 80-81
SS00033606 | SS 33606 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2023.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain