Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar perpajakan pada siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 46 di Jakarta Timur
ABSTRAK
IRMA MANALU. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil
Belajar Perpajakan pada Siswa kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 46 Di Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta . Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Ekonomi Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang benar, valid, tepat dan dapat dipercaya serta dapat diandalkan mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa SMK
Negeri 46 di Jakarta Timur.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 46 di Jakarta Timur selama tiga bulan terhitung sejak April 2011 sampai dengan Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 46.
Berdasarkan survei awal, populasi terjangkau adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi sebanyak 35 orang. Kemudian berdasarkan sampel dari tabel populasi, diambil sampel sebanyak 32 orang dengan sampling error 5 %.
Untuk menjaring data dari kecerdasan emosional (variabel X) digunakan kuesioner model skala likert. Sedangkan untuk Hasil Belajar Siswa (variabel Y) menggunakan data sekunder, yaitu nilai rapot semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Perhitungan reliabilitas variabel X menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas varibel X sebesar 0,891. Hasil ini membuktikan
bahwa instrumen tersebut reliable.
Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0.0926, sedangkan L tabel untuk n=58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0.1163. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 52,820 + 0,15908 X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 48,46 > 4,02, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas
regresi menghasilkan F hitung < F tabel yaitu 1,36 < 1,87, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.688 , selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien
korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung = 7,09 dan t tabel = 1,671.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.688 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 47,33 % yang menunjukkan bahwa 47,33 % hasil belajar ditentukan oleh kecerdasan emosional. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa SMK Negeri 46 di Jakarta
Timur.
Bibliografi : lembar 65-68~No Inv.: 30/S/Perp/12/1c
SW00012472 | SW 12472 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2011.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain