Text
Pembelajaran alat musik pianika pada siswa tunahgrahita ringan kelas empat di SDLB Negeri Bekasi Jaya
ABSTRAK
Nurfiwi Magdalena. Pembelajaran Alat Musik Pianika Pada Siswa Kelas Empat Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Bekasi Jaya (2011). Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran alat musik pianika bagi siswa tunagrahita ringan. Dilihat dari kurikulum yang digunakan, tujuan, materi, media, metode dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SLB Negeri Bekasi Jaya kelas empat tunagrahita ringan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis kualitatif ditampilkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi atau arsip dalam bentuk uraian tertulis yang menggambarkan penelitian di lapangan. Proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan kurikulum dan tetap dilakukan penyesuaian terhadap kebutuhan dan kemampuan siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran alat musik pianika ini adalah metode demonstrasi, Tanya jawab dan ceramah. Guru melakukan pembelajaran dengan tetap melakukan berdasarkan tahapan-tahapan untuk memudahkan siswa mengerti dan mampu memainkan alat musik dengan baik dan nyaman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tahapannya akan mampu membuat hasil dari proses pembelajaran menjadi maksimal. Selain itu, pembelajaran yang menggunakan hampir seluruh panca indera sangat mempengaruhi pemahaman daya ingat siswa terhadap pengetahuan. Intensitas kehadiran dari siswa tunagrahita untuk berlatih alat musik pianika sangat diperlukan, karena pelatihan juga mempengaruhi kemampuan anak dalam bermain. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran alat musik pianika ternyata mampu melatih motorik halus, daya ingat dan konsentrasi siwa.
Bibliografi : lembar 75-76~No Inv.: 960/S/Perp/12/1c
SW00010610 | SW 10610 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2011.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain