Text
Pembinaan nasionalisme di sekolah bertaraf INternasional (Studi kualitatif di SMA Global Prestasi School, Bekasi)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi mengenai pembinaan nasionalisme di sekolah bertaraf internasional di SMA Global Prestasi School. Komplek GPS. Jln. KH. Noer Ali No. 10 B, Bekasi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif, data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif, kemudian dibuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa SMA Global Prestasi School telah melakukan pembinaan nasionalisme terhadap siswa dengan baik. Hal ini terlihat dari perencanaan pembinaan nasionalisme, pelaksanaan pembinaan nasionalisme, dan evaluasi dari pembinaan nasionalisme. Sekolah ini membina nasionalisme dengan berbagai cara yaitu dengan melaksanakan kegiatan upacara bendera secara rutin di hari senin, merayakan hari-hari besar nasional, pembinaan nasionalisme juga terintegrasi dalam proses pembelajaran di kelas. Pembinaan nasionalisme di sekolah tersebut bukan hanya diikuti oleh siswa-siswinya saja, namun juga seluruh guru, kepala sekolah maupun pihak yayasan.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian yaitu adalah berdasarkan tiga proses pembinaan nasionalisme di SMA Global Prestasi School yang ditujukan kepada para siswa dan siswi. Pembinaan nasionalisme siswa merupakan proses yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama dan terus menerus, dari proses pembinaan nasionalisme ini banyak manfaat yang didapatkan oleh para siswa, baik dalam arti nasionalisme, nilai-nilai nasionalisme, sehingga siswa dapat mengaplikasiknnya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pembinaan nasionalisme juga sangat penting dalam memberi semangat kebangsaan para generasi muda. Pembinaan nasionalisme yang dilakukan oleh SMA Global Prestasi School melalui tiga tahap yaitu perencanaan pembinaan nasionalisme, pelaksanaan pembinaan nasionalisme, dan evaluasi pembinaan nasionalisme. Perencanaan pembinaan nasionalisme SMA Global Prestasi School dilakukan dengan cara mrencanakan progam maupun kegiatan pada awal tahun yang direncanakan oleh para guru, kepala sekolah dan para pengurus yayasan sekolah, perencanaan nasionalisme juga ter integrasi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus sebagai
acuan guru untuk mengajar, lalu pelaksanaan pembinaan nasionalisme dilakukan dengan cara melarayakan setiap kegiatan yang mendukung dalam proses membina nasionalisme siswa, kegiatan rutin upacara bendera, perayaan hari besar kebangsaan, dan kegiatan ekstrakurukuler, dan setelah melalui tahap perencanaan dan pelaksanaan pembinaan nasionalisme, SMA Global Prestasi School mengadakan evaluasi hasil dari proses dan kegiatan dari pembinaan nasionalisme yaitu dengan mengumpulkan seluruh guru, kepala sekolah dan para pengurus yayasan untuk mengevaluasi kegaiatan yang telah dilakukan. Adanya tahap evaluasi yang dilakukan SMA Global Prestasi School maka proses pembinaan nasionalisme tersebut dapat di lakukan dengan baik kedepannya.
Kata Kunci : Pembinaan, Nasionalisme, Sekolah Bertaraf Internasional
Bibliografi : lembar 75~No Inv.: 2085/S/Perp/12/1c
SW00015849 | SW 15849 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain