Text
Peran tutor memotivasi peserta didik dalam belajar terhadap peningkatan level di Lembaga Bimbingan Belajar Kumon Cipinang Jaya Jakarta Timur
ABSTRAK
DESTY WULANDARI, Peran tutor memotivasi peserta didik dalam belajar terhadap peningkatan level di Lembaga Bimbingan Belajar Kumon Cipinang Jaya Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2012.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi yang tepat berdasarkan data-data mengenai peran tutor memotivasi peserta didik dalam belajar, ditinjau dari prestasi belajar peserta didik terhadap peningkatan level di Kumon Cipinang Jaya, Jakarta Timur.
Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah tutor Kumon Cipinang Jaya yang berjumlah 20 orang. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Sampling jenuh adalah tehnik pengambilan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Hasil penelitian ini bahwa peran tutor dalam kegiatan belajar 85%, motivasi belajar peserta didik 70%, faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam belajar 65%, dan prestasi belajar peserta didik berupa peningkatan level 75%. Peningkatan level bagi peserta didik yang memiliki motivasi belajar intrinsik selama 2-3 bulan, sedangkan peningkatan level bagi peserta didik yang memiliki motivasi belajar ekstrinsik selama 4-5 bulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi peserta didik terbagi ke dalam motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi tersebut mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Tutor bertugas untuk terus memberikan motivasi belajar serta pendekatan yang tepat kepada peserta didik agar prestasi belajar peserta didik berupa peningkatan level dapat tercapai secara optimal.
Bibliografi : lembar 99-100~No Inv.: 234/S/Perp/13/1c
SW00014112 | SW 14112 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain