Text
Meningkatkan writing skill melalui media gambar seri di kelas IV SDN Sindang Sari 02 Bekasi
ABSTRAK
Noviyanty, Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Melalui Media Gambar Seri di Kelas IV SDN Sindang Sari 02 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya meningkatkan ketarmpilan menulis melalui media gambar seri di kelas IV SDN Sindang Sari 02 Bekasi.
Penelitian dilaksanakan di SDN Sindang Sari 02 Bekasi yang berlokasi di Jalan Raya Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Waktu penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan Maret sampai dengan Mei 2012 pada semester II tahun pelajaran 2012/2013.
Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan media gambar seri. Pada siklus I 64,1 dan pada siklus II 73,4, antara siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata nilai 9,3 dengan persentase keberhasilan 70%. Dengan demikian pembelajaran dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran media gamar seri dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Bibliografi : lembar 68-69~No Inv.: 792/S/Perp/13/1c
SW00013772 | SW 13772 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain