Text
Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun ( eksperimen di TK Al-Ikhlas Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat)
ABSTRAK
Maulidah. Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun (Eksperimen di TK Al-Ikhlas Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2010.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekaperimen dengan two group only posttest design. Sampel yang diambil untuk mewakili populasi menggunakan teknik multi stage random sampling dan sampel yang diambil adalah anak usia 4-5 tahun TK Al-Ikhlas Sukabumi Selatan, yang dipilih secara acak sebanyak 30 anak dengan 15 anak kelompok eksperimen dan 15 anak kelompok kontrol.
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian data yang diperoleh thitung = 3,83 > ttabel = 1,70, artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Al-Ikhlas Sukabumi Selatan, Jakarta Barat. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa untuk memperoleh kemampuan kognitif yang optimal bagi anak usia 4-5 tahun, guru dapat menggunakan metode bercerita. Namun dalam penerapannya harus memperhatikan kemampuan, kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak. Selain itu, perlu adanya penggunaan media yang bervariasi dalam bercerita, agar anak lebih tertarik untuk mendengarkan cerita.
Bibliografi : lembar 110-113~No Inv.: 1273/S/Perp/12/1c
SW00008814 | SW 8814 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2010.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain