Text
Pengaruh teleconference terhadap literasi informasi siswa dalam pembelajaran Fisika SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teleconference
terhadap literasi informasi siswa dalam pembelajaran fisika SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 101 Jakarta Barat kelas X pada bulan November - Desember 2012. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas X.3 sebagai kelas kontrol dan X.7 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 8 siswa dan diperoleh berdasarkan hasil pre test yang sama dan
memiliki laptop, modem, dan webcam. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.
Untuk mengukur variabel terikat digunakan instrumen berupa soal essay sebanyak 8 soal (8 item). Nilai rata-rata post test literasi informasi yang diperoleh dari kelas kontrol sebesar 72,75 sedangkan kelas eksperimen sebesar 81,00. Pada pengujian
hipotesis digunakan uji parametrik (uji-t) dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil pengujian diperoleh nilai thitung = 1,87938 dan ttabel = 1,76131, thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa teleconference berpengaruh positif secara signifikan terhadap literasi informasi fisika siswa SMA.
Kata kunci: teleconference, literasi informasi
Bibliografi : lembar 42-43~No Inv.: 1543/S/Perp/13/1c
SW00017766 | SW 17766 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2013.002) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain