Text
Pengaruh penggunaan media kartu-berpesan acak (Card sort message)melalui teknik pembelajaran kolaboratif (Collaborative learning)terhadap kemampuan menulis persuasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kartu-Berpesan Acak (Card Sort Message) melalui teknik Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) terhadap kemampuan menulis persuasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Tangerang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Tangerang, Perumnas II, Kota Tangerang, semester genap, tahun ajaran 2011/2012, pada bulan Maret 2012 sampai dengan bulan April 2012.
Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel 68 siswa. Kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa, dan kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis persuasi yang meliputi beberapa aspek penilaian, diantaranya: organisasi isi karangan yang jelas, penggunaan tata bahasa atau struktur kalimat yang baik, penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan, penggunaan diksi yang tepat, mengungkapkan pendapat, gagasan, dan alasan yang kuat, penggunaan bukti, fakta, dan data yang kuat, penggunaan teknik persuasi yang hidup dan bersemangat dengan tujuan membujuk, mengajak, menghimbau.
Berdasarkan penghitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis karangan persuasi pada kelas eksperimen sebesar 75,85. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis persuasi pada kelas kontrol sebesar 67,14.
Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (liliefors). Data sampel dikatakan berdistribusi normal apabila L0 < Ltabel dan jika L0 > Ltabel berarti data sampel tidak berdistribusi normal. Diperoleh Lo (0,1204) < Ltabel (0,886) pada kelas eksperimen dan Lo (0,1064) < Ltabel (0,886) pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Selain itu, uji homogenitas yang dilakukan melalui uji Barlett. Kriteria pengujian homogenitas sampel yaitu jika X2hitung < X2tabel berarti data kelas sampel mempunyai varians yang homogen, sebaliknya jika X2hitung > X2tabel berarti data kelas sampel tidak homogen. Hasil penghitungan menunjukan data bersifat homogen. Hal ini ditandai oleh X2tabel = 3,48 > X2hitung =1,52 dengan derajat kebebasan (dk) 34+34-2 = 66. Pengujian selanjutnya adalah uji hipotesis yang dilakukan melalui uji-t. Kriteria pengujian hipotesis ini adalah, tolak Ho jika thitung> ttabel. Diperoleh thitung = 2,25 dan ttabel = 1,67 dalam taraf nyata 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Kartu-Berpesan Acak (Card Sort Message) melalui teknik Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) terhadap kemampuan menulis persuasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Tangerang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
v
Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu media sekaligus teknik pembelajaran yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa khususnya dalam menulis karangan persuasi. Di samping itu, penggunaan media Kartu-Berpesan Acak (Card Sort Message) melalui teknik Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) ini bukan hanya bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis karangan persuasi, akan tetapi fungsi penggunaan media Kartu-Berpesan Acak (Card Sort Message) yang dikolaborasikan teknik Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) juga dapat dimungkinkan untuk kompetensi dasar yang lain. Selain mudah dipraktikkan oleh guru-guru, media dan teknik ini juga mudah dibuat. Guru tidak memerlukan bahan-bahan yang mahal dalam proses pembuatannya. Pada dasarnya, media yang digunakan hanya merupakan sebuah kertas yang berisi tema-tema besar dan subtema. Hal terpenting dalam menerapkan media dan teknik pembelajaran ini adalah pengetahuan umum guru terhadap fenomena-fenomena yang menjadi permasalahan pada saat ini.
Secara garis besar, penggunaan media Kartu-Berpesan Acak (Card Sort Message) yang dikolaborasikan teknik Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) merupakan sebuah cara belajar yang aktif dan merupakan solusi penghilang jenuh ketika siswa-siswa bosan dengan pembelajaran yang selama ini mereka dapatkan, karena dengan penerapan media dan teknik ini, siswa dapat mencari kelompoknya sendiri dan bangkit dari tempat duduknya sehingga kelas menjadi dinamis. Penggunaan media Kartu-Berpesan Acak (Card Sort Message) yang dikolaborasikan teknik Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) terbilang sangat mudah dan murah untuk direduplikasi oleh guru-guru agar proses belajar mengajar dapat lebih bervariasi dan menarik.
Kata kunci : Media Kartu-Berpesan Acak Card Sort Message, teknik Pembelajaran Bersama Collaborative Learning, karangan persuasi.
Bibliografi : lembar 157-158~No Inv.: 316/S/Perp/13/1c
SW00014330 | SW 14330 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2012.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain