Text
Analisis perangkat pembelajaran guru Geografi yang sudah disertifikasi di Jakarta Pusat
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perangkat pembelajaran yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja siswa (LKS) dan evaluasi pembelajaran guru geografi yang sudah disertifikasi. Metode yang digunakan adalah metode deskripsif kuantitatif. Teknik pengambilan populasi dengan menggunakan populasi target dan populasi terjangkau. Populasi target dalam penelitian ini adalah guru geografi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan swasta di Jakarta Pusat yang telah disertifikasi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 19 orang guru geografi. Teknikj pengambilan data menggunakan kuisioner berbentuk daftar checklist yang berisi tentang standar-standar yang digunakan untuk melihat standar perangkat pembelajaran. Terdapat 8 item soal untuk pengukuran silabus, 8 butir soal untuk pengukuran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 6 butir soal untuk pengukuran media pembelajaran, 3 butir soal untuk pengukuran bahan ajar, 4 butir soal untuk pengukuran lembar kerja siswa, 5 butir soal untuk pengukuran evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa tabulasi silang (crosstab). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran guru yang sudah disertifikasi berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja siswa, dan evaluasi pembelajaran tidak kompeten untuk diujikan karena beberapa alasan yaitu bukan hasil karya guru itu sendiri, hasil pemberian atau hasil dari memilih khusus untuk bahan ajar dan lembar kerja siswa tidak dikembangkan secara maksimal dan hanya media pembelajaran yang dikembangakan dengan baik oleh guru-guru geografi yang telah disertifikasi.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Guru Geografi, Sertifikasi.
Bibliografi : lembar 78-79~No Inv.: 1965/S/Perp/13/1c
SW00018215 | SW 18215 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain