Text
Penerapan metode pakem untuk meningkatkan hasil belajar
ABSTRAK
ROULI RATNASARI. Penerapan Metode PAKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (studi penelitian tindakan pada mata pelajaran ekonomi tentang peran dan jiwa kewirausahaan peserta didik homeschooling Ganesha Education pulo gadung, Jakarta Timur), Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi materi mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan pada peserta didik di Homeschooling Ganesha Education, Pulo gadung Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan (action reseach), dimana perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran PAKEM kepada peserta didik yang telah dibuat oleh peneliti. Penelitian ini diterapkan di Homeschooling Ganesha Education, Pulo gadung, Jakarta Timur terhitung dari bulan Maret 2012 s.d. Mei 2012. Subyek penelitian ini adalah peserta didik paket C yang berjumlah 10 orang.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen cheklist, pengamatan, kuesioner, serta tes hasil belajar, atau yang biasa disebut dengan multi instruments. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dengan jenis penelitian kuantitatif dengan mendeskripsikan data serta penyajian secara persentase.
Hasil dari penerapan pembelajaran PAKEM ini diperoleh melalui pre test dan post test terhadap peserta didik homeschooling, maka diperoleh nilai rata-rata dari uji pemahaman teori pada test siklus 1 sebesar 65% dan meningkat di siklus 2 sebesar 89% dengan selisih rata-rata hasil belajar adalah 24%.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian tindakan dengan metode PAKEM adalah :
a. Peningkatan hasil belajar ekonomi secara signifikan
b. Peserta didik bersikap interaktif
c. Motivasi belajar siswa meningkatkan
d. Peserta didik senang dan aktif dengan menggunakan metode PAKEM
Bibliografi : lembar 80-81~No Inv.: 328/S/Perp/14/1c
SW00013822 | SW 13822 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2012.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain