Text
Peranan kepala sekolah sebagai manajer dalam rangka implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)di SMA I PB Soedirman 2 Bekasi
ABSTRAK
HANASTITI BEKTI. Peranan Kepala Sekolah sebagai Manajer Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Skripsi, Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Penelitian ini dilakukan di SMAI PB. Soedirman 2 Bekasi, yang dimulai pada bulan Mei 2012 sampai dengan bulan Juli 2012. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Key informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan informan pendukung adalah Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Kesiswaan dan Sarana Prasarana.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang peranan kepala sekolah sebagai manajer dalam rangka implementasi manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini bertitik tolak pada kegiatan kepala sekolah dalam mengelola sekolahnya dengan cara melaksanakan fungsi manajerial dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Fungsi manajerial kepala sekolah tersebut dispesifikasikan pada perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: kepala sekolah dalam perencanaan dengan memberikan sebuah kebijakan yang akan dibahas dalam rapat kerja, kepala sekolah akan mengevaluasi hasil rapat kerja dan mengesahkan program-program yang telah direncanakan. Kepala sekolah dalam pengorganisasian sumber daya manusia dengan cara membuat struktur organisasi sehingga mempermudah kepala sekolah dalam pemetaan pembagian tugas kepada setiap individu sesuai dengan kemampuan setiap individu.Kepala sekolah mengarahkan semua warga sekolah untuk berperan aktif dalam terwujudnya semua program sekolah. Kepala sekolah memberikan arahan dan pelatihan-pelatihan kepada semua pesonil sekolah untuk mempermudah pemahaman dalam pelaksanaan program. Dan kepala sekolah telah melakukan pengawasan secara langsung ke seluruh elemenelemen sekolah, kepala sekolah juga dibantu oleh wakil kepala sekolah dalam mengawasi guru-guru dan siswa.Implikasi dari penelitian ini berdasarkan peranan kepala sekolah dalam perencanaan adalah mempermudah dalam pelaksanaan agar lebih terarah kegiatan yang akan dilaksnakan. Pembentukan struktur organisasi dan pembagian tugas supaya setiap personil mengetahui akan tugasnya dan mempunyai tanggung jawab atas tugas yang telah diberikannya. Dengan adanya pengawasan maka setiap personil akan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.
Bibliografi : lembar ~No Inv.: 10045/S/Perp/14/1c
SW00013787 | SW 13787 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2012.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain