Text
Pemanfaatan taman pintar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Dukuh 05 pagi
ABSTRAK
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pemanfaatan Taman Pintar Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPA, yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Penelitian deskriptif ini tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya untuk menggambarkan apa adanya tentang suatu gejala, variabel atau keadaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Dukuh 05 Pagi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel bertujuan. Instrumen dan pedoman yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen analisis dokumen dan angket, pedoman observasi dan wawancara. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk prosentase dan analisis dalam bentuk narasi. Hasil penelitian tentang ini menyebutkan bahwa Pemanfaatan Taman Pintar Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPA, secara garis besar telah dilakukan guru dalam tahapan pemanfaatan dengan baik mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan pada tahap tindak lanjut.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Taman Pintar, Sumber Belajar, IPA.
Bibliografi : lembar 116-117~No Inv.: 4595 /S/Perp/14/1c
SW00016598 | SW 16598 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain