Text
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode PQ4R pada siswa kelas IV SD
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQ4R PADA SISWA KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sukarapih 01 Tambelang Bekasi) (2013)
ANDINI SAFITRI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan suatu perbaikan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV SDN Sukarapih 01 Tambelang Bekasi melalui metode PQ4R. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukarapih 01 Tambelang Kabupaten Bekasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV tahun 2012/2013 yang berjumlah 38 orang siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spira/siklus dari Kemmis dan Taggart dengan empat tahap pada setiap siklus, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menemukan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman secara bertahap setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I, presentase pencapaian hasil kemampuan membaca pemahaman dengan presentase 67%, hasil pengamatan tindakan guru sebesar 93%. Pada siklus II, presentase pencapaian hasil kemampuan membaca pemahaman siswa 80% dan hasil pengamatan tindakan guru sebesar 94%. Dengan demikian dapat disimpulkan metode PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Sukarapih 01 Tambelang Bekasi. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa metode PQ4R merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa indonesia siswa kelas IV dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran tentang ide pokok dalam paragraf.
Kata Kunci: Metode PQ4R, Kemampuan Membaca Pemahaman
Bibliografi : lembar 103-104~No Inv.: 1953/S/Perp/14/1c
SW00016462 | SW 16462 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain