Text
Pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim kerja terhadap kinerja dan iklim kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 13 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Iklmim Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan, terhitung mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian adalah seluruh guru SMK Negeri 13 Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan sampel sebanyak 44 guru. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data Variabel X1 (Gaya Kepemimpinan), X2 (Iklim Kerja) dan Y (kinerja dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan regresi ganda dan diperoleh persamaan regresi Ŷ=0,027X1+0,029X2+71,611, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan melihat hasil uji statistic Kolmogorov Smirnov yaitu sebesar 0,861, lebih besar dari 0,05 (> 0,05), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji linieritas dengan melihat ANOVA Tabel yang diperoleh dari Y dengan X1 (X2 dianggap konstan), dan Y dengan X2 (X1 dianggap konstan) diperoleh Deviation from Linearity sebesar 0,787 dan 0,674. Lebih besar dari 0,05 ( > 0,05) yang menyatakan terdapat hubungan yang linier dan signifikan. Uji korelasi simultan menghasilkan nilai R sebesar 0,645, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi guru gaya kepemimpinan dan iklim kerja dengan kinerja memiliki hubungan positif yang kuat. Uji hipotesis melalui Uji F menghasilkan Fhitung > Ftabel sebesar 14,579 > 3,22 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antar Gaya kepemimpinan dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 13 Jakarta. Uji koefisien determinasi menghasilkan R Square sebesar 0,416 atau 41,6%, maka dapat diambil keputusan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya
Kepemimpinan dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru.
Bibliografi : lembar 91-92
SS00005721 | SK 5721 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain