Text
Pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat dalam berwirausaha siswa kelas XI jurusan akuntansi SMKN 22 Jakarta
ABSTRAK
APRINA MAULIDA. Pengaruh Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat dalam Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 22 Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat dalam berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 22 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 22 Jakarta yang berjumlah 71 orang siswa dengan sampel 62 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dengan minat dalam berwirausaha. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,384 lebih besar dari ttabel sebesar 2,001. Lingkungan keluarga secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap minat dalam berwirausaha, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,679 lebih besar dari ttabel sebesar 2,001. Secara simultan ada pengaruh antara hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat dalam berwirausaha. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 27,065 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,150. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara hasil bealjar pada mata pelajaran kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat dalam berwirausaha dengan koefisien korelasi ganda 0,692 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 47,8%.
Kata kunci: hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan, lingkungan keluarga, minat dalam berrwirausaha
Bibliografi : lembar 101-104
SS00005816 | SK 5816 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain