Text
Hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X di SMK Negeri 46 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung sejak Maret sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasi.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana (proportional random sampling) dengan sampel sebanyak 58 responden. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (lingkungan belajar) diukur menggunakan kuesioner, dan variabel Y (prestasi belajar) diperoleh melalui nilai rapor semester I . Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 56,490 + 0.186X, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors diperoleh Lhitung (0.055) < Ltabel (0.116), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinieran regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (33.92) < Ftabel (4.02) yang menyatakan regresi berarti serta uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung (1.06) < Ftabel (2.21) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Uji hipotesis koefisien korelasi hubungan antara variabel X dan variabel Y dilakukan dengan rumus Product Moment dari Pearson yang menghasilkan rxy sebesar 0,614 , ini berarti hubungan antara kedua variabel tersebut kuat. Uji signifikasi dengan thitung sebesar 5,82 dan ttabel sebesar 1,68. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 46 Jakarta. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 37,72%. Maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Bibliografi : lembar 59-60
SS00005835 | SK 5835 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain