Text
Hubungan antara citra perusahaan dan kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen studi pada penumpang maskapai Lion Air di Terminal 1A Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng
ABSTRAK
FRAMADHITA AGSYA. Hubungan antara Citra Perusahaan dan Kepuasan
Konsumen dengan Loyalitas Konsumen di Terminal 1A Bandara Internasional
Soekarno-Hatta di Cengkareng. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan citra perusahaan dan
kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen pada penumpang Lion Air di
terminal 1A Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, baik secara
parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey
dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan
kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang
maskapai Lion Air tujuan Jakarta-Yogyakarta dengan sampel 150 orang
penumpang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda,
uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Data
terdistribusi secara normal dapat dilihat dari nilai Kolmogorov-Smirnov Z dengan
nilai 0,720 dan tingkat signifikan sebesar 0,678. Kedua variabel X1 dan X2 linear
dengan Y, dapat dilihat dari nilai linearitas X1 terhadap Y sebesar 0,018 dan X2
terhadap Y sebesar 0,001. Dari perhitungan linear berganda didapatkan persamaan
yaitu Ŷ = 30,463 + 0,146(X1) + 0,339(X2). Berdasarkan hasil analisis data
diketahui bahwa ada hubungan secara parsial antara citra perusahaan dengan
loyalitas konsumen. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai
thitung sebesar 2715 lebih besar dari ttabel sebesar 1,976. Kepuasan konsumen secara
parsial juga terdapat hubungan terhadap loyalitas konsumen, hal ini dilihat dari
hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,860 lebih besar dari
ttabel sebesar 1,976. Secara simultan ada hubungan antara citra perusahaan dan
kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen. Dapat dilihat dari hasil analisis
data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 10,468 lebih besar dari nilai Ftabel
sebesar 3,05. Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara citra perusahaan
dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen dengan koefisien korelasi
ganda 0,518 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima.
Bibliografi : lembar 92-93
SS00005879 | SK 5879 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain