Text
Pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi keuangan di SMKN 62 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi keuangan di SMKN 62 Jakarta.Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung bulan Februari 2015 sampai dengan bulan Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 62 Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas XIAdministrasi Perkantoran yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dengan cara mengambil nilai ulangan tengah semester genap tahun ajaran 2014/2015, sedangkan data kesiapan belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji ipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kesiapan belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,235 > ttabel 1,675. Motivasi belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 4,090 ttabel 1,675. Kesiapan belajar dan motivasi belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung (32,299) > Ftabel (3,175). Persamaan regresi yang didapat = 20,254 + 0,213X1 + 0,282X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2sebesar 0,554 yang berarti kesiapan belajar (X1) dan motivasi
belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 55,4%.
Bibliografi : lembar 80-82
SS00005968 | SK 5968 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain