Text
Perbedaan kepuasan kerja antara karyawan yang mendapatkan dengan yang tidak mendapatkan rotasi pekerjaan di PT Geodis Wilson Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaghui apakah terdapat perbedaan kepuasan kerja antara karyawan yang mendapatkan dengan yang tidak mendapatkan rotasi kerja pada Divisi Operasional PT. Geodis Wilson Indonesia. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung bulan maret sampai bulan april 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Ex Post Facto dengan pendekatan kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Geodis Wilson Indonesia yang berjumlah 200 dengan populasi terjangkaunya adalah 45 karyawan Divisi Operasional.Sedangkan sampel yang diperoleh sebanyak 40 karyawan dengan komposisi 10 karyawan yang di rotasi dan 30 karyawan yang tidak mendapatkan rotasi pekerjaan. Data kepuasan kerja diperoleh dengan menggunakan instrument berbentuk skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas dan ujireliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach.Hasil reliabilitas instrument diperoleh sebesar 0,947. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan 2 rata-rata (uji-t), uji persyaratan data dilakukan dengan uji normalitas data dengan uji liliefors, dan uji homogenitas data dengan uji F. Hasil normalitas data untuk data variabel X1 menghasilkan Lhitung (Lo) = 0,105 , dibandingkan dengan Ltabel (Lt) untuk n=10 pada taraf signifikasi 0,05 yaitu 0,294, maka Lo (0,105) < Lt (0,294) . Hal ini berarti data variabel X1 berdistribusi normal.Sedangkan uji normalitas data untuk data variabel X2 menghasilkan Lhitung (Lo) = 0,055 ,dibandingkan dengan Ltabel (Lt) untuk n=30 pada taraf signifikasi 0,055 yaitu 0,161, maka Lo (0,055) < Lt (0,161). Hal ini berarti data variabel X2 berdistribusi normal.Hasil uji homogenitas data adalah Ft (tabel) bernilai 2,90 dan Fo (Hitung) 1.53 maka Fo (Hitung) < Ft (Tabel). Hal ini berarti kedua data tersebut memiliki varians yang homogen.Selanjutnya dilakukan uji perbedaan 2 rata-rata dengan hasil Thitung 3,896, dibandingkan dengan Ttabel yang bernilai 2,04 maka Thitung (3,896) > Ttabel(2,04). Hasil perhitungan tersebut dapat memberikan kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan kepuasan kerja antara karyawan yang mendapatkan dengan yang tidak mendapatkan rotasi pekerjaan.
Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Rotasi Kerja
Bibliografi : 56 - 57
SS00005975 | SK 5975 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain