Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar dengan hasil belajar dalam mata pelajaran komputer akuntansi kelas XII di SMK Negeri 16 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan perilaku belajar dengan hasil belajar dalam mata pelajaran komputer akuntansi siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 16 Jakarta yang berjumlah 72 orang siswa dengan sampel 60 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 14,509lebih besar dari ttabel sebesar 2,00247. Perilaku belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,564 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00247. Secara simultan ada pengaruh antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 6,832 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,16. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dan perilaku belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,904 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 81,8%. Hal ini berarti hasil belajar siswa dipengaruhi sebesar 81,8% oleh kecerdasan emosional dan perilaku belajar, sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain.
Bibliografi : lembar 86-89
SS00006023 | SK 6023 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain