Text
Pembentukan sikap sosial guna menanamkan kemandirian anak putus sekolah (studi kualitatif di Panti Sosial Bina Remaja/PSBR Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur)
i
ABSTRAK
MARYAM CHOYROH, Pembentukan Sikap Sosial Guna Menanamkan Kemandirian Anak Putus Sekolah (Studi Kualitatif di Panti Sosial Bina Remaja) Skripsi: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juni, 2015.
Penelitian ini bertujuan mengkaji bentuk pembinaan dan proses pembentukan sikap sosial berupa kerjasama, solidaritas, tenggang rasa untuk menanamkan kemandirian anak putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Jakarta Timur.
Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen pengumpul data yang mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan analisis dokumen. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensial, dan auditing dengan dosen pembimbing. Analisis data dilakukan mengikuti model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PSBR menggunakan pendekatan kekeluargaan sebagai dasar bagi pembinaan, dan proses pembentukan sikap sosial menggunakan serangkaian kegiatan yang bersifat integratif yaitu melaksanakan program kegiatan yang beragam dan berbeda berupa bimbingan, pelatihan keterampilan, penunjang dan ekstrakulikuler serta psikososial. Kegiatan-kegiatan tersebut saling terkait, saling menunjang dan saling melengkapi, serta dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang telah disusun dengan sistematis.
Kata Kunci : Sikap Sosial, Kemandirian, Anak Putus Sekolah.
Bibliografi : lembar 165-167
SS00006044 | SK 6044 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain