Text
Pengaruh lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Yapemri Depok
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di SMK Yapemri Depok.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan April 2015 sampai dengan bulan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Yapemri Depok yang berjumlah 564 siswa. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 113 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dengan cara merataratakan hasil nilai rapot mata pelajaran otomatisasi perkantoran di semester 2 dengan mengacu pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, sedangkan data lingkungan sekolah (X1) dan kebiasaan belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai sebesar 2,954 > nilai ttabel sebesar 1,66. Kebiasaan belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,398 > nilai ttabel sebesar 1,66. Lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,734 > nilai Ftabel sebesar 3,11. Persamaan regresi yang didapat adalah . Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,572 yang berarti lingkungan sekolah (X1) dan kebiasaan belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 57,2%.
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar
This study aims to determine whether there is influence between the school environment and study habits to learning outcomes in subjects office automation at SMK Yapemri Depok.
This research was conducted for three months starting in April 2015 until June 2015. The method used was survey method with the approach of causality. The population in this study were all students at SMK YAPEMRI Depok, amounting to 564 students. Inaccessibility population is all students of class X of Office Administration, amounting to 113 students. The sampling technique used is proportional random technique, so that the sample in this study amounted to 84 respondents. Data collection techniques using the technique of recording documents, interviews and questionnaires. To capture learning outcomes data (Y) obtained by averaging the results of the value of office automation rapot subjects in the 2nd half with reference to the cognitive, affective and psychomotor, while data on the school environment (X1) and study habits (X2) obtained by gave questionnaires to respondents. Data analysis technique used is the test requirements analysis consisting of test for normality and linearity test, the classic assumption test, multiple linear regression, hypothesis testing consisting of F test and t test. Based on the results of data analysis can be seen that there is a partial effect between the school environment with the learning outcomes. It can be seen from the results of data analysis which shows tcount 2,954 > ttable 1,66. Study habits partial effect on learning outcomes, it is seen from the analysis of data that showed the value of the data analysis that shows tcount 3,398 > ttable 1,66. School environment and simultaneously study habits affect the study results, it’s seen by data analysis that shows fcount 19,734 > ftable 3,11. Finding regression equation that is . Based on the test determination coefficient obtained R2 values of 0.571, which means a school environment (X1) and study habits (X2) effect on learning outcomes (Y) of 57,2%.
Keywords: School Environment, Habits of Learning, Learning Outcomes
Bibliografi : lembar 87-88
SS00006346 | Sk 6346 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain