Text
Hubungan persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 19 Jakarta
ABSTRAK
NURLITA FEBRIANI PUTRI. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 19 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 19 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 19 Jakarta. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 69 siswa. Jumlah sampel yang dijadikan penelitian adalah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak proporsional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berbentuk kuesioner berjumlah 32 butir persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dan 22 butir untuk variabel motivasi belajar siswa. Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linier dengan persamaan regresi Ŷ = 29,45 + 0,468X. Data dinyatakan normal karena hasil dari Lhitung < Ltabel dengan jumlah Lhitung sebesar 0,058 dan Ltabel dengan taraf signifikan 5% serta n = 58 orang maka 0,116. Berdasarkan uji linieritas regresi, didapatkan hasil data berbentuk linier yaitu hasil fhitung < ftabel dengan hasil perhitungan fhitung sejumlah 1,27 dan ftabel sebesar 1,96. Berdasarkan uji hipotesis, untuk uji keberartian regresi didapatkan hasil data bahwa regresi diperoleh memiliki keberartian atau signifikan yaitu hasil perhitungan didapatkan bahwa Fhitung > Ftabel dengan Fhitung sebesar 35,75 dan Ftabel sebesar 4,02. Uji koefisien korelasi didapatkan dari hasil perhitungan bahwa rxy sebesar 0,624 yang artinya bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi (Uji-t) didapatkan hasil bahwa thitung sebesar 5,98 dengan ttabel pada n-2 (58-2) = 1,68. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan di antara kedua variabel karena hasil thitung > ttabel. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi untuk kedua variabel menghasilkan 0,3896 yang berarti bahwa sebesar 38,96% persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru, Motivasi Belajar Siswa
Bibliografi : lembar 90-92
SS00006348 | Sk 6348 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain