Text
Pengembangan media lectora inspire dalam pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga dengan pendekatan saintifik melalui penerapan professional learning community
ABSTRAK
Eka Septiana S. Pengembangan Media Lectora Inspire dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Larutan Penyangga dengan Pendekatan Saintifik melalui Penerapan Professional Learning Community. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik melalui penerapan Professional Learning Community pada materi larutan penyangga kelas XI. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Januari sampai Mei 2015 di SMA Negeri 54 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi oleh para ahli, dan uji coba kepada siswa serta guru. Tahapan pengembangan dilaksanakan dengan cara kolaborasi sebagai implementasi Professional Learning Community.
Media Lectora Inspire yang dikembangkan yang diuji kelayakannya oleh para ahli, mempunyai nilai r sebesar 0,66-0,82 yang diartikan bahwa kesesuaian antar penilai dalam menilai kualitas media sudah baik. Selain itu, diperoleh persentase hasil uji coba media kepada siswa dan guru untuk tiap indikatornya sebesar >79%, yang menandakan bahwa tiap indikator telah tercapai dengan baik.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire berbasis Pendekatan Saintifik yang dikembangkan melalui penerapan Professional Learning Community dikatakan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
Kata Kunci : Media Lectora Inspire, Larutan Penyangga, Pendekatan Saintifik, Professional Learning Community.
Bibliografi : lembar 91-93
SS00006513 | SK 6513 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain