Text
Upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi trigonometri di kelas X.3 SMAN 1 Babelan Bekasi
ABSTRAK
HAFSAH ADHA DIANA. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada Materi Trigonometri di Kelas X.3 SMA Negeri 1 Babelan Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas X.3 SMA Negeri 1 Babelan Bekasi. Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika adalah kecakapan dalam memahami soal baik dari segi bahasa maupun dari segi matematikanya, termasuk dalam hal strategi penyelesaiannya. Berdasarkan hasil tes penelitian pendahuluan yang diberikan kepada siswa kelas X.3 menunjukkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa masih relatif rendah. Dengan demikian, kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa, khususnya siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Babelan Bekasi perlu untuk ditingkatkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan April hingga Mei 2015 di kelas X.3 SMA Negeri 1 Babelan Bekasi tahun ajaran 2014/2015. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes, pedoman wawancara dan alat dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes akhir yang diberikan pada setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas X.3 pada siklus I yaitu 50,71, dan siklus II meningkat menjadi 64,43 dan siklus III meningkat menjadi 79,33. Kemudian jumlah siswa yang memenuhi kualifikasi Baik juga mengalamai peningkatan. Pada siklus I sebanyak 19,5% siswa, pada siklus II meningkat menjadi 45,2% siswa, dan meningkat menjadi 78,6% siswa pada siklus III.
Bibliografi : lembar 166-169
SS00006569 | SK 6569 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain