Text
Implementasi kesetaraan gender dalam proses pembelajaran (studi kualitatif : pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Jakarta)
ABSTRAK
RISDA MALEVA JUNI : Implementasi Kesetaraan Gender dalam Proses Pembelajaran (Studi Kualitatif : Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Jakarta). Skripsi : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kesetaraan gender dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen pengumpul data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Analisi data dilakukan mengikuti model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kesetaraan gender dalam proses pembelajaran pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Jakarta sudah terlaksana dengan baik. Penggunaan media dan metode pembelajaran oleh guru perempuan lebih banyak yang terampil dan lebih bisa mengambil perhatian siswa laki-laki dan perempuan sehingga guru perempuan lebih berperan dalam mengimplementasikan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran. Pada interaksi guru-siswa dan siswa-siswa, baik guru perempuan dan laki-laki sudah berperan baik dalam mengimplementasikan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran. Meskipun implementasi kesetaraan gender dalam proses pembelajaran sudah diterapkan oleh guru dengan memberikan akses, kontrol, partisipasi dan manfaat yang sama kepada siswa laki-laki dan perempuan, tetapi partisipasi siswa laki-laki dan perempuan berbeda dalam setiap kegiatan. Hal itu terjadi karena keinginan dan perilaku siswa laki-laki dan perempuan yang juga berbeda. Kesimpulannya, kesetaraan gender yang diimplementasikan sejak dini kepada siswa melalui sekolah dan guru dalam proses pembelajaran dapat meminimalisir atau menghilangkan adanya diskriminasi dan bias gender, karena perbedaan peran laki-laki dan perempuan itu tercipta melalui proses belajar dalam lingkungan, bukan lagi dari faktor-faktor biologis kedua insan ini.
Kata Kunci: Implementasi, Kesetaraan Gender, Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Bibliografi : lembar 119-120
SS00006623 | SK 6623 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain