Text
Ketahanmalangan anak usia 5-6 tahun di sekolah alam (studi kualitatif di TK Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat)
KETAHANMALANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH ALAM (Studi Kualitatif di TK Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat) (2015) Annug Hasiana
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran informasi dan data empiris mengenai ketahanmalangan pada anak usia 5-6 tahun di Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di Sekolah Alam Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan ketahanmalangan anak usia 5-6 tahun di Sekolah Alam Cikeas yaitu: 1) Ketahanmalangan mulai muncul pada anak usia dini melalui pengendalian emosi. 2) Persaingan yang muncul menumbuhkan keyakinan diri pada anak untuk berusaha. 3) Anak yang tahan malang akan cenderung memiliki motivasi yang kuat untuk melakukan atau mencapai sesuatu. Implikasi dari penelitian ini adalah secara teoritis, konsep ketahanmalangan dapat dibangun secara alami pada diri anak melalui berinteraksi dengan lingkungan. Secara praktis ketahanmalangan akan berkembang dengan baik apabila terdapat dukungan dari guru dan lingkungan sekitar anak. Guru dapat memberikan tindakan yang mengarahkan anak untuk membangun ketahanmalangan.
Bibliografi : lembar 109-110
SS00006636 | SK 6636 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain