Text
Pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap kemandirian belajar pada pramuka penggalang (studi eksperimen di SDN se-Kelurahan Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat)
Pengaruh Kegiatan Kepramukaan Terhadap Kemandirian Belajar Pada
Pramuka Penggalang
(Studi Eksperimen di SDN se-Kelurahan Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat)
(2015)
Wahyudi Islamiyanto
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap
kemandirian belajar pada pramuka penggalang. Penelitian ini dilaksanakan
pada kelompok pramuka penggalang terkhususnya kelas V Sekolah dasar di
kelurahan Cempaka Putih Barat dengan sampel anggota pramuka
penggalang SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat sebagai kelas
kontrol dan SDN Cempaka Putih Barat 04 Pagi Jakarta Pusat sebagai kelas
eksperimen. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random
Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket
kemandirian belajar. Kemudian dihitung normalitas data menggunakan
lilliefors dan homogenitas kelas mengunakan bartlett. Hasil pengujian
normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal
dan kedua kelas homogen selanjutnya dianalisis dengan uji-t. Hasil
perhitungan uji-t diperoleh harga thitung 2,416. Harga ttabel pada taraf signifikan
α=0,05 dan dk 58 adalah 1,68. Oleh karena harga thitung lebih besar dari ttabel
(2,416>1,68), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan
demikian metode kepramukaan berpengaruh secara signifikan terhadap
kemandirian belajar pramuka penggalang pada kegiatan kepramukaan.
Kata kunci : kegiatan kepramukaan, kemandirian belajar
Bibliografi : lembar 65-67
SS00006639 | SK 6639 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain