Text
Hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku sosial dalam pembelajaran IPS siswa kelas VII di SMPN 172 Jakarta Timur
ABSTRAK
FADEL MUHAMAD. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Sosial
Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMPN 172 Jakarta Timur. Skripsi.
Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Jakarta 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data
atau fakta yang sah (valid), benar dan dapat dipercaya tentang apakah terdapat
hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku pembelajran. Penelitian ini
dilakukan di SMPN 172 Jakarta Timur pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015
selama 3 bulan terhitung sejak bulan Januari 2015 – Maret 2015.Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah secara acak sederhana.
Hasil penelitian memiliki persamaan regresi linier sederhana dan didapat Ŷ =
42,674 + 0,561 X, ini menandakan bahwa model regresi berdistribusi normal.
Koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,493, hal ini berarti
terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan perilaku sosial dalam
pembelajaran IPS. Dari perhitungan uji-t diketahui thitung (3,492) > ttabel(1,684),
sehingga ini menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan
perilaku sosial dalam pembelajaran IPS. Koefisien determinasi diperoleh nilai 24,3%.
Kesimpulan penelitian adalah adanya hubungan yang positif antara
kecerdasan emosional dengan perilaku sosial dalam pembelajaran IPS siswa kelas VII
SMPN 172 Jakarta Timur.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, perilaku posial, pembelajaran IPS
Bibliografi : lembar 75-76
SS00006650 | SK 6650 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain