Text
Pembentukan karakter siswa (peran guru IPS dalam membentuk karakter siswa kelas 8 SMP Negeri 281 Jakarta)
ABSTRAK
MUHAMMAD ABDUH, Pembentukan Karakter Siswa (Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Negeri 281 Jakarta).Skripsi: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juni, 2015.
Penelitian ini bertujuan memperoleh data empiris mengenai pembentukan karakter siswa oleh guru IPS di SMP Negeri 281 Jakarta yang ditinjau dari proses
pembelajaran, dan interaksi guru-siswa di lingkungan sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen pengumpul data yang mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dukumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensial, dan auditing dengan dosen pembimbing.
Analisis data dilakukan mengikuti model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa salah satu guru IPS memegang dan melaksanakan peran dengan cukup baik dalam rangka pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 281 Jakarta. Peran yang dipegang dan dilaksanakan oleh guru IPS tersebut yaitu sebagai korektor dan motivator dalam proses pembelajaran IPS di dalam kelas. Selain peran sebagai korektor dan motivator, keteladanan dan konsistensi yang dilakukan oleh guru IPS dalam rangka pembentukan karakter siswa pada interaksi guru-siswa di lingkungan sekolah juga sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Meskipun pembentukan karakter memerlukan waktu dan proses yang tidak mudah, namun siswa siswa sudah memiliki kecenderungan karakter yang baik yaitu disiplin, sopan dan percaya diri.
Kata kunci : karakter, peran guru, interaksi
Bibliografi : lembar 119-121
SS00006652 | SK 6652 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain